Home

[tapakurang]: Doktor (Dr) Eben Alexander  mengajar di Harvard Medical School dan memiliki reputasi yang baik sebagai seorang ahli bedah saraf. Meski dia menyebut dirinya menganut agama Kristen, namun ia tak pernah benar-benar mempercayai adanya kehidupan setelah kematian.

foto ilustrasi_surgaNamun setelah sepekan koma pada musim gugur 2008, ketika neokorteksnya berhenti berfungsi, Alexander mengklaim bahwa ia mengalami kunjungan ke alam baka, dan percaya bahwa ia telah memasuki surga.
“Menurut pemahaman medis otak dan pikiran, saya tak mungkin mengalami pengalaman apapun saat koma, apalagi perjalanan yang sangat jelas dan koheren seperti yang saya alami,” tulis Alexander dalam laporan utama Newsweek edisi pekan ini. Jadi seperti apa surga?

Menurut Alexander, ia pertama menemukan dirinya mengambang di antara awan-awan sebelum menyaksikan, “mahluk transparan yang berkilat terbang menembus langit, meninggalkan jejak garis seperti bekas jejak pesawat di belakangnya.”

Ia kemudian dikawal oleh sosok perempuan dan berkomunikasi dengan mahluk-mahluk ini dengan metode korespondensi di atas bahasa. Pesan yang ia terima adalah,
“Anda dicintai dan dihargai, disayangi, selamanya.”
“Anda tak perlu takut.”
“Tak ada hal salah yang Anda lakukan.”

Dari situ, Alexander mengklaim ia melakukan perjalanan menuju “sebuah kekosongan, sangat gelap, ukurannya tak terbatas, tapi juga sangat membuat nyaman.” Dia percaya kekosongan ini adalah rumah Tuhan.

Setelah pulih dari koma akibat meningitis, Alexander merasa ragu untuk berbagi pengalamannya ini dengan para koleganya. Ia pun menuliskan pengalamannya dalam sebuah buku, “Proof of Heaven: A neurosurgeon’s journey into the afterlife,” yang akan diterbitkan segera.

“Saya masih seorang dokter, dan masih sama percayanya pada ilmu pengetahuan seperti sebelum pengalaman saya itu,” tulis Alexander. “Namun dalam tingkatan yang lebih dalam, saya adalah orang yang sangat berbeda dari saya dulu, karena saya menangkap sekilas dari gambaran realita ini. Dan Anda bisa percaya pada saya jika saya bilang semuanya akan terbayar, dan buat mereka yang hidup sesudah kita, untuk melakukan hal yang benar.” [yahoonews]

Menurut Islam

Surga adalah tempat kenikmatan yang disediakan Allah Swt untuk orang-orang mukmin yang bertaqwa, yang mengimani apa-apa yang harus diimani, yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya, dan bagi orang-orang yang ikhlas. Di dalam Surga terdapat berbagai kenikmatan yang tidak pernah dilihat mata, tidak pernah didengar telinga, serta tidak terlintas dalam benak manusia.

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk. Balasan mereka di sisi Rabb mereka ialah surga ‘Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka, dan mereka pun ridha kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Rabbnya.” (Surah Al Bayyinah 7-8).

 Tingkatan dan nama-nama surga :
A. Surga Firdaus:  Dalam Al Qur’an, surat Al Kahfi, ayat 107, Allah Subhanhu Wa Ta’ala berfirman: Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal. Kemudian di dalam Al Qur’an, surat Al Mu’minuun, ayat 9-11: Dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya. Mereka Itulah orang-orang yang akan mewarisi, (yakni) mewarisi syurga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.

B. Surga And:  Firman Allah Subhanhu Wa Ta’ala, di dalam surat Thaaha, ayat 76: (yaitu) syurga ‘Adn yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya. dan itu adalah balasan bagi orang yang bersih (dari kekafiran dan kemaksiatan).

C. Surga Na’iim (penuh kenikmatan):  Dalam Al Qur’an, surat al Hajj, ayat 56: Allah Subhanhu Wa Ta’ala berfirman: Kekuasaan di hari itu ada pada Allah, dia memberi Keputusan di antara mereka. Maka orang-orang yang beriman dan beramal saleh adalah di dalam syurga yang penuh kenikmatan.

D. Surga Ma’wa:  Dalam Al Qur’an, Surat As Sajdah, ayat 19, Allah Subhanhu Wa Ta’ala berfirman: Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, maka bagi mereka jannah tempat kediaman, sebagai pahala terhadap apa yang mereka kerjakan.

E Surga Darussalam (tempat penuh kedamaian dan keselamatan):  Dalam Al Qur’an, di antaranya dalam surat Yunus, ayat 25: Allah menyeru (manusia) ke darussalam (surga), dan menunjuki orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus (Islam).

F. Surga Daarul Muqoomah:  Firman Allah Subhanhu Wa Ta’ala, dalam (Al Qur’an) surat Faathir, ayat 34-35 : Dan mereka berkata: “Segala puji bagi Allah yang Telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampum lagi Maha Mensyukuri.

G. Surga Maqoomul Amiin:  Firman Allah Subhanhu Wa Ta’ala dalam Al Qur’an, surat Ad Dukhan, ayat 51: Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman.

H. Surga Khuldi: Dalam Al Qur’an, surat Al Furqaan, ayat 15, Allah Subhanhu Wa Ta’ala berfirman: Katakanlah: “Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertaqwa?” dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka?”.
(tulisan dari http://www.dakwahsyariah.com/image:http://frezz99.blogspot.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s